Tips Aman Berbelanja Online

Tips Aman Berbelanja Online - berikut ini tips berbelanja online bagi anda yang hobby melakukan transaksi berbelanja online, seperti membeli produk-produk barang rumah tangga serta produk pribadi. Jangan lupa loh dampak negatif untuk berbelanja online itu bahaya, maka dari itu sebelum anda melakukan berbelanja online sebaiknya anda membaca tips berikut ini.

Tips Aman Berbelanja Online dunia maya


Berikut ini Tips Aman Berbelanja Online :

1. Perangkat komputer anda gunakan harus terinstall anti virus dan harus selalu diupdate, dan pasang anti phising

2. Cari toko / penjual online yang bisa dipercaya, sebelum melakukan transaksi pastikan sebelumnya anda mengetahui reputasinya. Anda bisa mencarinya dimesin pencari mengenai reputasi penjual ini.

3. Pastikan toko / penjual online tidak memanfaatkan data pribadi anda, dan pastikan juga toko / penjual ini memiliki kebijakan jika barang yang anda beli tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera di situsnya dan ada jaminan uang kembali jika produknya ternyata sudah habis.

4. Perhatikan kondisi barang yang dijual apakah baru atau bekas dan apakah bergaransi resmi. Jika barangnya bekas tanyakan ke penjual kondisi yang sedetil-detilnya dan minta gambar barang tersebut, dan anda pastikan tidak ada cacat. Baca baik-baik deskripsi produknya.

5. Sebelum membeli barang di salah satu toko / penjual online ada baiknya anda melakukan perbandingan harga. Dan yang terpenting jangan tergiur dengan harga yang sangat murah yang biasanya juga diimingi dengan barang dari Batam, biasanya barang elektronik. Karena itu adalah penipuan dan beberapa teman penulis pernah menjadi korban.

6. Pilih cara pembayaran yang aman, jika masih satu kota dengan penjual / toko tanyakan apakah bisa menggunakan COD (cash on delivery), atau anda bisa menggunakan jasa rekber jika anda berbelanja melalui Kaskus. Jika mau transfer langsung ke rekening toko / penjual online pastikan mereka memiliki reputasi baik, lihat testimonialnya.

7. Atau jika ingin menggunakan kartu kredit anda bisa menggunakan jasa iPay88 seperti yang digunakan di store kami atau PayPal. Dan pastikan anda tidak diarahkan ke situs yang mencurigakan pada saat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

8. Jika anda memilih membeli barang dan barangnya dikirim menggunakan jasa pengiriman anda harus minta ke toko / penjual no resi pengiriman.

9. Simpan bukti pembayaran yang anda lakukan.

Semoga tips info hari ini dapat anda pergunakan dengan baik dalam melakukan berbelanja online. Sekian tips mengenai  Tips Aman Berbelanja Online.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips and Trick dengan judul Tips Aman Berbelanja Online. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sumber-di.blogspot.com/2012/06/tips-aman-berbelanja-online.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown

Belum ada komentar untuk "Tips Aman Berbelanja Online"

Post a Comment